"SALING BERBAGI DAN MENGASIHI MENCARI RIDHO ILLAHI"

DUNIA ITU PALSU

DUNIA ITU PALSU


Dunia Itu Tipuan Belaka
Sedikit kami akan mengulas firman Allah dalam Surat Al Hadiid  ayat 20 menegaskan sebagai berikut :
“Ketahuilah, bahwasanya kehidupan dunia ini hanyalah permainan, senda gurau, bermewah-mewah, dan saling membanggakan kekayaan dan anak pinak di antaramu, Ibarat hujan menyirami bumi, tumbuh-tumbuhan menjadi subur menghijau, mengagumkan para petani. Lalu tanaman itu mengering, nampak menguning, kemudian menjadi rapuh dan hancur. Sedang di akhirat kelak, ada azab yang berat bagi
mereka yang mengganderungi kemewahan dunia, namun ada ampunan dan keridhaan Allah bagi yang mau bertobat. Demikianlah kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu belaka”.(QS. Al Hadiid 57:20)
Tegas Allah mengatakan dalam ayat tersebut bahwa kehidupan di dunia adalah permainan, dan kesenangan yang palsu belaka. Adakah makna atau arti dari firman Tuhan itu nyata-nyata dapat kita rasakan ? Tentu ada yang merasakan akan kebenaran dari makna bahwa kehidupan didunia adalah permainan. Namun adalah banyak pula yang tidak merasakan demikian; bahkan malah bertanya barang kali semisal apalah artinya manusia tercipta jika kehidupan di dunia hanyalah permainan belaka? Sedikit kami mencoba memaknai atau mengurai dari firman Allah diatas. Sebagai berikut ini :
1. Kehidupan di dunia adalah hanya permainan. Ya…, bukankah semua manusia pada akhirnya akan mati?, bisa mati kala bayi, kala anak-anak, usia muda dan bisa hingga tua renta baru mati.
2. Kehidupan di dunia, jika manusia berhasil dalam hidupnya dalam arti hartanya berlimpah ruah, semua materi kemewahan dipunyai, namun jika telah berusia tua sepertinya nilai harta yang dimiliki tak memberi arti kesenangan atau kebahagiaan apapun. Belum lagi jika mengalami masa-masa sakit dalam waktu hidupnya semisal kencing manis, struk, darah tinggi, lumpuh; sudah tentu kekayaan hartanya tak memberi kenikmatan.
3. Ada banyak sekali bukti-bukti yang ada disekitar kita, salah satu gambaran yaitu, Presiden  Mu’ammar Kaddafi. Beliau penguasa di negerinya, harta berlimpah ruah. Kebutuhan apapun didunia sangat mudah dipenuhi. Namun apa akhirnya? Beliau kembali kepada Allah, beliau meninggal tak secuilpun membawa harta mewahnya yang ditumpuk-tumpuk selama hidupnya. Kenikmatan kekuasaannya sirna begitu saja dalam akhir kematiannya dengan tanpa do’a puji dari sebagian rakyat yang membencinya dikala kuasa. ( Wallahua’lam ).
4. Kehidupan di dunia memang ada yang merasakan melelahkan , ada pula yang santai tetap ceria bahagia hidupnya walau banyak penderitaan. Nah tentu disini rahasianya adalah kemampuannya  mengartikan tentang arti permainan dalam kehidupan di dunia ini.
Itu sedikit ringkasan dari kami, masih banyak kekurangan dari kami dan setiap ulama atau setiap orang akan berbeda dalam  memahami arti dari “dunia ini hanya permainan belaka” tapi kami yakin pada intinya akan sama yaitu didunia ini tidak ada kehidupan yang abadi (kekal), semua yang ada pasti akan kembali hanya kepada-Nya. Tetapi mungkin saja ada juga ada yang berbeda memaknainya, atau bahkan justru mengartikan kalau kehidupan di dunia ini bukanlah permainan, adalah nyata-nyata kehidupan yang harus dinikmati dengan semangat juang demi kebahagiaan hidup didunia semata. bisa dengan segala cara apapun.
Bagaimana pembaca yang budiman memaknai arti kehidupan di dunia ini?
Adapun dalam ayat tersebut, ditegaskan tentang kehidupan akhirat yang didalamnya nantinya ada azab, ada ampunan dan ada keridhaan Allah.
Kesimpulannya, jika yakin akan adanya kehidupan akhirat, yakin adanya surga dan neraka, maka tentu kita akan nyata-nyata merasakan bahwa kehidupan didunia hanyalah permainan. Dan kesenangan/ kesedihan didunia jika kita betl-betul memahami arti dari ayat diatas merupakan kesenangan/ kesedihan yang palsu belaka, karena hanya diakherat nantilah kehidupan yang sebenarnya, sedih maupun bahagia akan kita rasakan selamanya dan satu hal lagi yang harus selalu kita ingat yaitu sedih maupun senang nanti diakherat ditentukan semasa hidup kita didunia. Maka dari itu mari kita bersama-sama senantiasa mendekat kepada-Nya. Semoga tulisan yang ringkas ini dapat menjadi pengingat bagi kita semua. Semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan dalam penulisan kami “mohon informasikan kepada kami, karena akan sangat bermanfaat bagi kami. Sukron...

Tidak ada komentar: