"SALING BERBAGI DAN MENGASIHI MENCARI RIDHO ILLAHI"

10 Tanda Anak Manja

10 Tanda Anak Manja & Cara Mengatasinya
Anak-anak tak dilahirkan manja. Hanya orang tua yang terlalu sabarlah yang menjadikan mereka menjadi manja. Pembawa acara radio Oprah & Friends, Rabbi Shmuley mengatakan, “Secara alamiah, anak-anak itu lugu dan sangat polos, yang membuat orang dewasa menjadi sangat ramah dan membantu mereka dengan semua hal terbaik yang kita punya, “ katanya.

“Ketika kita membesarkan anak-anak yang dimanjakan, kita mengeluarkan daya pikat kekanak-kanakan mereka yang alamiah. Bila anda merasa bersalah memanjakan anak anda, maka kemungkinannya anda akan memiliki anak-anak bandel yang tak bisa diatur di rumah anda,” kata Shmuley.
Karena itu, kenali 10 tanda perilaku anak di bawah ini, dan segeralah bertindak untuk menanganinya.
1.   Mereka menangis dan berteriak bila ingin sesuatu.
2.   Suka merajuk sambil terlentang di lantai dan tak mau bangun.
3.   Sering marah dan bahkan memukul anda ketika anda menghukumnya
4.   Mengabaikan pertanyaan anda.
5.   Bersikap kasar pada orang dewasa dan anak-anak lainnya.
6.   Menolak berbagi mainan atau perlakuan tertentu dengan anak lainnya.
7.   Suka pamer, dan menjadi pusat perhatian diantara kelompoknya.
8.   Selalu menginginkan yang dimiliki orang lain. Bila telah berhasil memilikinya, mereka selalu menginginkan sesuatu yang baru.
9.   Kamarnya berantakan dan tak mau membereskannya, hingga anda mengalah melakukannya.
10.  Menolak untuk tidur.
Apa yang harus dilakukan anda sebagai orang tua ?
Biasakanlah memberikan hadiah bagi perilaku baik, dan hukuman bagi perilaku buruk. Bila anak anda berteriak karena menginginkan sesuatu, jangan berikan dan ambilah apa yang mereka suka.
Bila mereka tak mau beranjak dari lantai saat marah, angkatlah, dan masukkan mereka ke dalam kamar hingga tenang dan minta maaf.
Bila mereka mengabaikan perintah anda melakukan sesuatu, hukumlah segera. Suruh berdiri di sudut ruangan dan jangan boleh beranjak sebelum minta maaf.
Jangan belikan semua yang mereka minta. Biasakan mereka berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Bila kamarnya berantakan, jangan boleh keluar kamar hingga kamarnya rapi dan bersih.
Tetapkan waktu tidur. Secara teratur kembalikan mereka ke tempat tidur. Setelah itu mereka akan berhenti keluar dari kamar. Anda harus menegaskan pada mereka bahwa tak ada pilihan lain. Hargailah anak anda dan berikan hadiah ketika mereka melakukan hal yang baik.
Sedikit kutipan diatas mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita dalam mempelajari perilaku anak kita, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar: